2 Juta Buruh Mogok Total, Harga Emas Antam Cuma Naik Rp 2.000

Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)PT Equityworld Futures Medan-Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam kembali naik pada perdagangan Selasa (6/10/2020), meski tipis-tipis lagi. Harga emas dunia yang kembali ke atas US$ 1.900/troy ons mengerek naik harga emas Antam hari ini.
Melansir data dari situs resmi logammulia.com milik PT Antam, harga emas batangan satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.017.000/batang naik Rp 2.000 atau 0,2% dibandingkan harga kemarin.

Sementara satuan 100 gram yang biasa menjadi acuan naik 0,21% ke Rp 95.912.000/batang atau Rp 959.120/gram.

Harga emas dunia bergerak turun naik di awal pekan kemarin, sebelum berakhir menguat 0,75% ke US$ 1.912,89/troy ons berdasarkan data Refinitiv.
Indeks dolar AS yang kemarin melemah 0,35% menjadi pemicu penguatan emas dunia.

Dolar AS terkena pukulan ganda dari membaiknya sentimen pelaku pasar, serta ekspektasi cairnya stimulus fiskal.

Baca: Omnibus Law Sukses Bawa IHSG Tembus 5.000, BBCA & TLKM Diburu
Kondisi kesehatan Presiden AS, Donald Trump, yang membaik setelah terinfeksi virus corona menjadi pemicu membaiknya sentimen pelaku pasar. Saat sentimen pelaku pasar membaik, investor cenderung mengalirkan investasinya ke aset-aset berisiko, dolar AS menjadi tak menarik.

Sementara itu, jika stimulus fiskal di AS cair, maka jumlah uang beredar akan semakin besar, dan nilai dolar AS pun turun. Stimulus ini juga memberikan efek ke berbagai aset, dolar AS melemah, saham menguat, dan emas juga melesat.

Stimulus fiskal, begitu juga dengan stimulus moneter merupakan “bahan bakar” bagi emas untuk melesat di tahun ini.

Meski demikian, rupiah yang menguat 0,27% kemarin membatasi kenaikan emas Antam hari ini. Sebabnya emas dunia yang dibanderol dolar AS menjadi lebih murah jika dikonversi ke rupiah ketika Mata Uang Garuda menguat.

Sehingga meski emas dunia menguat 0,75% dan kembali ke atas US$ 1.900/troy ons, emas Antam menguat hanya 0,2% akibat diredam oleh penguatan rupiah.

Dari dalam negeri, pelaku pasar keuangan juga mencermati aksi mogok nasional sebanyak sekitar 2 juta buruh selama 3 hari. Dalam keterangan pers, perwakilan organisasi buruh menyatakan mogok nasional dimulai Selasa ini hingga Kamis mendatang, sebagai protes disahkannya UU Cipta Kerja (Ciptaker) oleh DPR Senin kemarin

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan