Equityworld_MedanHarga emas terhenti kenaikannya karena profit taking setelah semalam naik tajam pada kombinasi melemahnya dolar dan ketegangan geopolitik.

Di Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Desember diperdagangkan pada $ 1,222.90 per troy ounce, setelah mencapai level terendah semalam di $ 1,214.70 dan tertinggi pada $ 1,235.60.

Semalam, emas berjangka naik karena investor menjual dolar untuk mencari keuntungan, sementara serangan udara yang dipimpin AS di Suriah memicu permintaan safe haven untuk logam mulia.

Harga emas kemungkinan akan bergerak menuju support di $ 1,219.15 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa harga emas bergerak ke bawah menuju support $ 1,213.79 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas tertahan kuat di area $ 1,221.56 per troy ounce dan muncul sinyal bullish di sekitar area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistance $ 1,224.51 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa emas bergerak ke atas menuju resistance berikutnya di $ 1,229.87.

Profit taking mengirim dolar merayap lebih rendah pada hari Senin, menghapus reli yang berasal dari ekspektasi kebijakan moneter AS kurang akomodatif pada saat otoritas moneter Eropa dan Jepang mengambil langkah-langkah untuk melonggarkan.

PMI manufaktur awal AS pada pembacaan 57.9 pada bulan September, tidak berubah dari Agustus dan yang tertinggi sejak April 2010 meskipun masih di bawah perkiraan pasar untuk pembacaan 58.0, yang memungkinkan dolar terhenti dari reli panjang.

Sebuah laporan terpisah menunjukkan bahwa Federal Reserve Bank of Richmond indeks manufaktur bulanan naik menjadi 14 bulan ini dari 12 pada bulan Agustus, berbalik dari perkiraan pasar untuk penurunan ke 10, yang mendukung dolar dan membatasi keuntungan emas.

Ketegangan di Timur Tengah memicu daya tarik emas sebagai safe haven ketegangan geopolitik.

Serangan udara yang dipimpin AS di Suriah yang melibatkan lima negara Arab menargetkan posisi ISIS memberi emas dorongan pada perdagangan sore.

Kenaikan agak terbatas pada persepsi kebijakan moneter AS yang ultra-longgar yang telah mendukung emas sejak krisis keuangan tahun 2008 akan segera berakhir.

Pada bulan Oktober, Federal Reserve diperkirakan akan menutup program obligasi bulanan dan kemudian mulai menaikkan suku bunga acuan pada tahun 2015.

Perak untuk pengiriman Desember turun 0,29% pada $ 17,743 per troy ounce. Tembaga berjangka untuk pengiriman Desember turun 0,09% pada $ 3,032 per pon.