Akui Bersalah, General Motors Didenda $ 900MEquityworld Futures Medan : Pembuat mobil terbesar Amerika, General Motors,mengaku bersalah karena menyembunyikan informasi baik daripemerintah dan pengendara mengenai cacat mematikan di switch pengapian kendaraan nya yang telah dikaitkan dengan setidaknya 124 kematian dalam kecelakaan.

GM, yang merupakan produsen mobil ketiga terbesar di dunia setelah Volkswagen Jerman dan Jepang Toyota Motor, setuju untuk denda sebesar $ 900 miliar untuk menyelesaikan tuntutan pidana dalam kasus tersebut.

Selain itu, produsen mobil ini setuju untuk membayar $ 575 juta untuk menyelesaikan klaim kerusakan dari 1.385 kasus kematian dan cedera yang berasal dari kecelakaan yang disebabkan oleh kerusakan switchdan pemegang saham perusahaan yang mengklaim bahwa tindakan pejabat GMmengurangi nilai saham perusahaan.

Dalam sebuah pernyataan, kepala eksekutif GM Mary Barra mengatakan, “Kesalahan yang menyebabkan penarikan switch pengapian seharusnya tidak pernah terjadi. Kami telah meminta maaf, dan kami meminta maaflagi hari ini. ”

Menurut penyelesaian kasus ini, GM tahu tentang switch yang rusak pada beberapa model mobil kecil selama lebih dari satu dekade sebelum akhirnya mengungkapkan masalah tersebut pada tahun 2013. Dengan cacat, beberapa mobil terhenti, mencegah kantong udara untuk mengembang ketika terjadibenturan atau kecelakaan.(sdm)

Sumber: voanews