Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Holdings pada kontrak emas menyentuh level tertinggi hampir dalam 22 bulan terakhir karena para investor berspekulasi bahwa harga akan mengalami penurunan. Emas berjangka jatuh.

Jumlah keseluruhan kontrak berjangka belum ditutup, yang dilikuidasi atau pegiriman naik menjadi 459.657 kemarin, yang tertinggi sejak 22 Januari 2013. Money managers telah meningkatkan spekulasi ke level tertinggi dalam empat pekan, sedangkan long holdings turun ke level terendah sejak Januari, menurut data yang ditunjukan pemerintah.

Minat investor untuk bullion telah surut karena dolar melonjak ke level tertinggi sejak 2009 terhadap sekumpulan 10 mata uang serta langkah The Fed yang akan menaikan suku bunga acaun yang pertama dalam delapan tahun terakhir, memangkas permintaan untuk logam sebagai nilai lindung inflasi. Emas berjangka merosot ke level terendahnya dalam empat tahun di bulan ini, menuju penurunan tahunan kedua secara beruntun.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun 0,3% untuk menetap di level $ 1,193.90 per ons hari ini di New York Comex. Logam ini jatuh ke level $ 1,130.40 pada 7 November lalu, yang terendah sejak April 2010.

Selisih perdagangan lebih dari dua kali lipat rata-rata 100-hari, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.

Bullion telah mengalami penurunan selama dua bulan terakhir secara beruntun kemerosotan tertajam di tahun ini, karena saham AS melonjak ke rekornya dan laju inflasi yang gagal berakslerasi. Para otoritas The Fed mengatakan bulan lalu bahwa biaya energi yang lebih rendah dapat menekan biaya konsumen dalam waktu dekat.(yds)

Sumber: Bloomberg