AS dan Rusia Tanda Tangani Memo Keamanan Udara di SuriahEquityworld Futures Medan : Rusia dan Amerika Serikat hari Selasa ,menandatangani nota kesepakatanuntukkeamanan udara di atas langit Suriah, menurut Pentagon.

Seorang juru bicara Pentagon mengatakan “Ini membuka jalur komunikasi di darat yang berfungsi sebagai back-up” jika ada masalah dengan komunikasi.

Pejabat Pentagon menekankan bahwa pedoman udara dibangun dengan Rusia bukan bagian dari perjanjian yang lebih luas tentang bagaimana kedua negara bisa beroperasi di Suriah. Mereka hanya bertujuan untuk mencegah AS dan pesawat Rusia berkonfrontasi di wilayah Suriah di mana kedua negara sedang melakukan misi pengeboman.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada VOA nota kesepakatan akan termasuk dengan pilihan frekuensi radio untuk komunikasi dan langkah-langkah keamanan lain yang secara “profesional” dikatakan berbagi langit di atas Suriah.

Koalisi pimpinan AS menargetkan militan Negara Islam di Suriah dengan lebih dari 2.600 serangan udara sejak September 2014.

Rusia mengatakan mereka juga menargetkan negara Islam dan kelompok teroris lainnya, namun Pentagon dan kelompok hak asasi Suriah mengatakan mayoritas serangan Rusia tidak berada di dekat wilayah yang dikuasaiISIS.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan Selasa bahwa serangan udara Rusia menewaskan sedikitnya 45 orang di provinsi Latakia pada hari Senin.

Rusia meminta AS untuk melakukan pembicaraan tentang “deconfliction” setelah memulai serangan udara bulan lalu.

Pentagon melaporkan tidak ada insiden besar di langit Suriah sejak Rusia memulai serangan udara di sana. Namun, para pejabat pertahanan =menunjukkan bahwa pesawat koalisi harus mengubah arah untuk menghindari jarak yang terlalu dekat dengan jet Rusia. (sdm)

Sumber: voanews