Balik Tekan Rupiah, Dolar AS Perkasa di Rp 14.145

Foto: Pradita UtamaEquityworld Medan -Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat pagi ini. Setelah sempat keok di angka Rp 14.085 pada Kamis (21/3) kemarin, pagi ini mata uang Paman Sam dihargai Rp 14.145.

Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Jumat (22/3/2019). Hingga pagi ini dolar AS bergerak dari level Rp 14.140-14.160.

Jika ditarik dalam lima hari terakhir, posisi dolar AS hari ini terpantau berada di titik tengah. Dolar AS sempat berada di level 14.256 pada awal pekan ini.

Sementara menurut data RTI, rupiah tercatat melemah di hampir seluruh mata uang negara utama pagi ini. British Pound, New Zealand Dollar dan Euro menjadi tiga mata uang yang paling kuat menekan rupiah pagi ini.

Sedangkan dolar AS, selain berhasil menekan rupiah, pagi ini juga menekuk Korean Won, Australian Dollar hingga Singapore Dollar. Mata uang yang berhasil menekan mata uang Paman Sam adalah British Pound, New Zealand Dollar hingga Philippine Peso.

Bank Indonesia (BI) sendiri mencatat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga 19 Maret 2019 tercatat mengalami penguatan.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan nilai tukar rupiah menguat 1,05% secara point to point dan 0,85% secara rerata.

“Ini didukung aliran masuk modal asing yang besar ke pasar keuangan domestik. Aliran modal asing yang masuk terutama terjadi di pasar Surat Berharga Negara (SBN). Sedangkan ke pasar saham tercatat ada aliran keluar,” kata Perry Kamis (21/3) kemarin.

Sumber : detik.com

PT. Equityworld Medan
EWF Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2019
Loker EWF Medan