BCA, Mandiri, BNI & BRI Bikin IHSG Lompat 2% Lebih

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)PT Equityworld Futures Medan- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan awal pekan kedua Senin (8/6/20) berhasil naik ke level 5.000. Terpantau pada 9:37 WIB IHSG berhasil naik 2,14% ke level 5.052,95.

Saham apa saja yang punya bobot paling besar yang membuat IHSG bisa menembus level psikologisnya ini ? Simak tabel berikut.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menjadi motor penggerak utama kenaikkan IHSG hari ini, kendati hanya terapresiasi 1,14% BBCA berhasil mengerek IHSG sebesar 10,59 poin, bandingkan dengan posisi kedua PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang sukses naik 4,12% akan tetapi hanya berhasil menarik IHSG sebesar 6,22 poin.

Dapat dilihat dari tabel diatas, dari 5 penggerak naik pasar pada hari ini 4 diantaranya datang dari sektor perbankan. Maka dari itu sektor yang berjasa pada kenaikkan IHSG ke level 5.000 adalah sektor finansial, indeks sektor finansial sendiri naik 2,92% pada pagi hari ini.

Naiknya harga-harga saham perbankan yang menjadi salah satu konstituen indeks finansial ini masuk akal, karena tulang punggung IHSG memang dari dulu adalah sektor finansial karena sektor ini dihuni oleh para raksasa-raksasa kapitalisasi pasar maka naik atau turunnya IHSG tergantung dari sektor ini.

Selain itu semangat penguatan kembali IHSG masih seputar pembukaan kembali ekonomi dengan New Normal. Tentunya apabila perekonomian diputar kembali, sektor yang paling pertama diuntungkan adalah sektor perbankan, karena kredit-kredit yang tadinya macet akibat terhambatnya ekonomi bisa lancar kembali.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan