Equityworld Futures Medan – Menteri Dalam Negeri Perancis Bernard Cazeneuve telah dipilih oleh Presiden Francois Hollande untuk mengisi jabatan perdana menteri.

Cazeneuve menggantikan Manuel Valls, yang mengundurkan diri hari Selasa (6/12) untuk ikut nominasi Partai Sosialis dalam pemilihan presiden tahun depan. Valls (54 tahun) ikut bersaing untuk menggantikan Hollande, yang pekan lalu mengumumkan dalam pidato televisi bahwa ia tidak akan ikut bersaing untuk masa jabatan kedua.

Sebagai menteri dalam negeri, Cazeneuve telah berada di garis depan berbagai respon pemerintah terhadap serangkaian serangan ekstrimis Islam yang telah menewaskan lebih dari 200 orang dalam dua tahun terakhir, termasuk serangan terkoordinasi di Paris tahun lalu yang menewaskan 130 orang.

Jika Valls menang dalam pemilihan pendahuluan Partai Sosialis pada bulan Januari, ia akan bersaing melawan Francois Fillon, 62 tahun, mantan perdana menteri yang memastikan kemenangan gemilang pekan lalu untuk menjadi calon presiden dari Partai Republik yang berhaluan kanan-tengah.

Pemilihan presiden Prancis berlangsung dalam dua putaran pada April dan Mei mendatang.

Sumber: voaindonesia

Equity World