Equity World Medan – Geliat perdagangan saham di dunia ternyata sudah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan, bursa efek tertua di dunia sudah berusia lebih dari 400 tahun dan tetap beroperasi hingga hari ini.

Bursa efek tertua di dunia adalah Amsterdam Stock Exchange alias Bursa Efek Belanda. Bursa ini didirikan pada tahun 1602 silam oleh Persekutuan Dagang Hindia Belanda atau Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Bursa efek tersebut, pada saat didirikan, bertujuan untuk memperdagangkan obligasi dan saham lembaran yang diterbitkan VOC. Mengutip laman Beurs van Berlage, Selasa (16/1/2018), VOC menerbitkan obligasi guna mendanai kegiatan-kegiatan maritimnya.

Arsitek Hendrick de Keyser ditunjuk sebagai arsitek untuk membangun gedung bursa efek Amsterdam. Akhirnya, pada tahun 1611, gedung tersebut rampung dan menjadi pusat perdagangan efek VOC dan kemudian WIC atau West India Company.

Sebelum perdagangan efek dilakukan atas saham dan obligasi, perdagangan dilakukan dengan komoditas. Saat itu, VOC menguasai perdagangan di Asia dan menguasai secara monopolistik, termasuk memiliki armada perang, politik perdagangan, hingga pemerintahan di Asia.

Selama ratusan tahun, bursa efek di Belanda tersebut terus melakukan perdagangan dengan berbagai dinamikanya. Bursa saham lainnya kemudian muncul di berbagai belahan dunia.

Pada tahun 1978, European Option Exchange (EOE) didirikan di Amsterdam sebagai bursa berjangka. Pada tahun 1983, EOE memiliki indeks pasar saham sendiri yang terdiri dari 25 perusahaan terbesar yang diperdagangkan sahamnya di bursa efek.

Pada tahun 1997, Amsterdam Stock Exchange dan EOE merger. Indeks sahamnya kemudian bernama AEX, singkatan dari Amsterdam Exchange dan kini dikelola oleh Euronext Amsterdam.

Selain bursa saham Amsterdam, bursa tertua lainnya di dunia adalah Paris Bourse di Paris, Perancis yang didirikan pada tahun 1724 (293 tahun), Philadelphia Stock Exchange di AS yang didirikan pada tahun 1790 (227 tahun), dan London Stock Exchange di London, Inggris yang didirikan pada tahun 1801 (216 tahun).

Selain itu, ada pula Milan Stock Exchange di Milan, Italia yang didirikan pada 1808 (208 tahun) dan New York Stock Exchange di New York, AS yang didirikan pada tahun 1818 (199 tahun).

Sumber: Kompas.com

PT. Equityworld Futures
EWF Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2018