Bisnis Mengkhawatirkan Turunnya Pesanan, Kepercayaan Ifo Jerman Melemah

Equityworld Futures Medan – Sentimen bisnis Jerman secara tak terduga merosot untuk bulan kedua pada bulan Agustus pada tanda bahwa perusahaan-perusahaan masih menimbang konsekuensi dari Brexit pada permintaan di masa mendatang.

Indeks iklim bisnis Ifo institute yang berbasis di Munich turun ke 106,2 pada bulan Agustus dari 108,3 pada bulan Juli. Estimasi rata-rata dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom adalah untuk peningkatan ke 108,5.

Dengan Inggris yang bertindak sebagai pasar ekspor ketiga terbesar di Jerman, melemahnya permintaan di sana memiliki potensi untuk melemahkan produksi dalam perekonomian terbesar di Eropa tersebut. Eksekutif-eksekutif pada perusahaan telah menyuarakan dengan nada hati-hati dalam beberapa minggu terakhir, bahkan terkait laba di perusahaan blue-chip negara tersebut yang mengalahkan estimasi dengan lebih dari 10 persen pada kuartal kedua dan Bundesbank memperkirakan pertumbuhan yang solid serta berbasis luas dalam beberapa bulan mendatang.

Manufaktur Jerman turun pada bulan Agustus dan sektor jasa mencatat kinerja yang terlemah dalam 15 bulan, menurut survei purchasing managers oleh IHS Markit. Ekonomi tumbuh 0,4 persen pada kuartal kedua, dengan perdagangan, swasta dan pemerintah berkontribusi dalam perbelanjaan terhadap pertumbuhan.(mrv)

Sumber: Bloomberg

One thought on “Bisnis Mengkhawatirkan Turunnya Pesanan, Kepercayaan Ifo Jerman Melemah

Comments are closed.