BOJ Tambah Pembelian ETF dan Pertahankan Target Pembelian Obligasi

Equityworld Futures Medan – Bank of Japan menambah pembelian atas dana yang diperdagangkan di bursa dan menggandakan ukuran untuk program pinjaman dolar AS nya, sementara menahan diri dari meningkatkan laju pembelian obligasi pemerintah yang telah membentuk bagian utama dari stimulus moneter.

Gubernur Haruhiko Kuroda memimpin dewan dalam pemungutan suara untuk menambah program ETF sebesar 6 triliun yen per tahun, BOJ mengatakan dalam sebuah pernyataan di Tokyo, Jumat. Dalam perkembangan yang tak terduga, Kuroda memerintahkan penilaian terhadap efektivitas kebijakan BOJ, yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya, dimana pertemuan itu dijadwalkan untuk dilangsungkan pada bulan September.

Bank sentral mempertahankan target tahunan untuk penambahan basis moneter nya pada nilai 80 triliun yen ($ 779 miliar), yang akan dilakukan terutama melalui peningkatan setara dalam kepemilikan obligasi pemerintah. BOJ juga mempertahankan suku bunga di level minus 0,1 persen untuk porsi dari cadangan bank komersial ‘. Program pinjaman dolar ditambah menjadi $ 24 miliar.

Dengan melakukan beberapa tindakan, Kuroda, 71, menawarkan dukungan untuk Perdana Menteri Shinzo Abe, yang dua hari lalu meluncurkan paket stimulus fiskal sebesar ¥ 28 triliun yang sekarang akan menanggung beban utama untuk memicu harapan akan pertumbuhan dan inflasi. BOJ berada di bawah tekanan yang semakin tinggi dari pemerintah untuk membuat sebuah langkah yang pas atau mampu bersinergi dengan paket program pemerintah, sehingga sulit untuk Kuroda dan timnya untuk mempertahankan kebijakan sepenuhnya tidak berubah hari ini. (sdm)

Sumber: Bloomberg

One thought on “BOJ Tambah Pembelian ETF dan Pertahankan Target Pembelian Obligasi

Comments are closed.