Equityworld_Medan Equityworld Futures Medan : Saham-saham AS naik, menghantarkan indeks utama lebih tinggi dalam sebulan, sementara emas menghentikan gain untuk tahun ini setelah data menunjukkan ekonomi AS berkembang lebih dari perkiraan. Minyak turun karena produksi AS melonjak ke level tertinggi sejak 1980-an.

Indeks S&P 500 naik 0,6% pada pukul 04:00 sore di New York, mendorong gain bulan Oktober sebesar 1,1%. Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 1,3% untuk menghentikan penurunan dalam bulan ini, Visa Inc. mengalami reli terbesar dalam tiga tahun. Yield Treasury dengan tenor 10-tahun sedikit berubah pada 2,31%. Emas turun di bawah $ 1.200 per ons dan perak turun ke level terendah 55-bulan. Rubel melonjak tajam setidaknya sejak tahun 2003 terhadap dolar.

Ekonomi di AS diperluas lebih dari perkiraan pada kuartal ketiga, mencatatkan penguatan selama enam bulan dalam lebih dari satu dekade, sedangkan data terpisah menunjukkan lebih sedikit orang Amerika yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran selama bulan lalu dari pada setiap saat dalam lebih dari 14 tahun. Penurunan tak terduga inflasi Jerman pada bulan lalu memperbaharui kekhawatiran bahwa Eropa akan tergelincir ke dalam resesi setelah The Fed mengakhiri pembelian obligasi. Kekhawatiran serupa menghantarkan indeks S&P 500 turun 7,4% dari semua waktu tinggi pada pertengahan bulan September.(frk)

Sumber : Bloomberg