Equityworld Futures – Saham Asia di luar Jepang turun sementara saham-saham di Tokyo memperpanjang kenaikan diikuti pelemahan yen, seiring para investor meningkatkan spekulasi untuk suku bunga AS yang lebih tinggi pada bulan depan.

Indeks MSCI Asia Pacific berfluktuasi dan naik 0,1 % ke level 134,18 pada pukul 09:32 pagi waktu Tokyo, dengan sebagian besar perusahaan di Jepang mendapatkan keuntungan. Indeks Topix menguat 0,6 %, memberikan keuntungan sebesar 20 % sejak tahun ini berada di level terendahnya pada 12 Februari lalu, yang akan memungkinkan untuk bergabung dengan Nikkei 225 Stock Average di pasar bullish jika menyatakan bahwa tingkat pada penutupan. Yen diperdagangkan pada level 110,86 per dolar setelah sektor ekspor turun melebihi dari perkiraan pada bulan Oktober. Yen telah melemah sekitar 7 % dalam dua minggu terakhir pada spekulasi Presiden terpilih AS Donald Trump yang akan memicu tekanan terhadap inflasi, menambah kasus pada Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga.

Pasar ekuitas Asia di luar Jepang telah melemah sejak kemenangan pemilu dari Partai Republik Trump pada 8 November lalu, dengan sikap pro kepada pertumbuhan memberikan dorongan kemungkinan untuk menaikan suku bunga AS pada bulan depan dan memperluas kerugian pada pasar berkembang. Fed dana berjangka menunjukkan hampir pasti bahwa biaya pinjaman AS akan naik pada bulan Desember, dibandingkan dengan 80 persen sebelum pemilu, setelah Ketua Fed Janet Yellen mengatakan kepada anggota parlemen bahwa The Fed mendekati kenaikan suku bunga karena ekonomi AS terus mendapatkan daya tarik. (knc)

Sumber : Bloomberg

Equityworld Futures Medan