Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Saham Asia catat penguatan, yang dipimpin oleh saham perusahaan teknologi, karena investor menunggu data dari China terkait produk domestik bruto, output pabrik dan penjualan ritel.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1 % ke level 137,74 pukul 09:05 pagi di Tokyo. Indeks Shanghai Composite turun 7,7 % kemarin, merupakan kenaikan tertinggi sejak Juni 2008 lalu, pasca tiga dari broker terbesar di negara itu dihentikan dari penambahan rekening margin trading. Volatilitas ditetapkan  untuk terus berlangsung menjelang laporan ekonomi saat ini dan pertemuan Bank Sentral Eropa akhir pekan ini, menurut Paterson Securities Ltd.

Pertumbuhan GDP China mungkin melemah ke 7,2 % dari tahun ke tahun pada periode Oktober sampai Desember, menurut perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg. Perekonomian naik 7,3 % pada kuartal sebelumnya. Sementara produksi industri diperkirakan akan meningkat 7,4 % pada Desember lalu, naik dari kenaikan pada bulan sebelumnya sebesar 7,2 persen.

Presiden ECB Mario Draghi kemungkinan akan mengumumkan program pembelian obligasi sebesar 550 miliar euro ($ 640 miliyar) pekan ini, menurut ekonom. Yunani memasuki minggu terakhir kampanye untuk pemilihan umum nasional sehingga waktu hampir habis bagi Perdana Menteri Antonis Samaras dari partai New Democracy  untuk menyalip partai oposisi Syriza yang di pimpin Alexis Tsipras dan Yunani terus ke jalur reformasi ekonomi. (vck)

Sumber: Bloomberg