Bursa Asia Turun Akibat Ketakutan Yunani Memicu Perlindungan Aset

Equityworld Futures Medan : Indeks saham Asia di buka anjlok karena investor mencari perlindungan aset haven setelah mereka mengkaji kemungkinan keluarnya Yunani dari zona mata uang euro.

Indeks Topix Jepang merosot 2,7% Akibat kenaikan 1% yen terhadap dolar dan 2,7% terhadap euro. Indeks MSCI Asia Pacific kehilangan 1% karena lebih dari 460 saham mengalami penurunan sementara hanya enam yang menguat. Indeks berbasis dolar sedikit berubah di level 147,88 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo. Indeks berjangka China turun bahkan setelah bank sentral mengatakan akan memotong suku bunga.

Indeks S&P/ASX 200 Australia kehilangan 0,7% dan Indeks NZX 50 Selandia Baru turun 0,9%. Indeks Kospi Korea Selatan melemah 1,6%.

Yunani berencana untuk menutup bank-bank pada hari Senin setelah keputusan Perdana Menteri Alexis Tsipras untuk meminta referendum pada tanggal 5 Juli terkait paket bailout yang diusulkan mendorong para nasabah untuk mulai melakukan penarikan uang pada akhir pekan. Bank Sentral Eropa menghentikan tingkat bantuan darurat yang tersedia untuk pemberi pinjaman Yunani pada hari Minggu. Yunani mungkin membayangi upaya stimulus China, dengan para pembuat kebijakan melakukan pemotongan tingkat suku bunga untuk keempat kalinya sejak November tahun lalu menyusul aksi jual pasar saham yang tinggi dalam dua minggu terakhir sejak tahun 1996.(frk)

Sumber: Bloomberg