Bursa China Turun ke Tiga Bulan Terendah Karena Pelemahan di Bursa Hong Kong

Bursa China Turun ke Tiga Bulan Terendah Karena Pelemahan di Bursa Hong KongEquityworld Futures Medan-Bursa saham China turun untuk hari ketiga, mengirim indeks acuan di bawah level kunci 2.800, di tengah kekhawatiran rebound harga bahan bakar akan merugikan pendapatan perusahaan transportasi dan memberikan hambatan potensial yang lain untuk perlambatan ekonomi.

Indeks Shanghai Composite turun 0,9 persen ke level terendah dalam hampir tiga bulan. Saham China Eastern Airlines Corp. dan China Southern Airlines Co. merosot lebih dari 3 persen karena minyak Brent diperdagangkan di atas $ 50 per barel untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam bulan. Bursa saham Hong Kong gagal mempertahankan reli terbesarnya dalam enam minggu akibat pelemahan saham pengembang properti.

Indeks benchmark ekuitas China telah anjlok 22 persen dalam tahun ini, menjadikannya pemain terburuk di antara 93 indeks global yang dilacak oleh Bloomberg. Selama dua minggu terakhir, Shanghai Composite belum menyimpang lebih dari 51 poin dari 2.800.

Indeks Shanghai diperdagangkan di 2,791.98 pada pukul 10:34 pagi. Indeks Hang Seng kehilangan 0,4 persen setelah pada hari Rabu melonjak 2,7 persen di tengah spekulasi bahwa ekonomi AS dapat menahan suku bunga yang lebih tinggi. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,5 persen.(frk)

Sumber: Bloomberg