Bursa China Yang Diperdagangkan di Hong Kong Mengalami Reli TerbesarEquityworld Futures Medan – Bursa saham China yang perdagangan di Hong Kong melonjak tajam dalam enam minggu terakhir, dipimpin oleh perusahaan keuangan dan energi, akibat lonjakan penjualan rumah AS meningkat spekulasi bahwa ekonomi terbesar di dunia tersebut dapat menahan suku bunga yang lebih tinggi. Saham-saham teknologi memimpin kenaikan di Shanghai.

Indeks Hang Seng China Enterprises menguat 2,4 persen. PetroChina Co, produsen energi terbesar di China, menuju kenaikan tertajam sejak pertengahan April setelah minyak mendekati $ 50 per barel. Indeks Shanghai Composite naik 0,7 persen. Saham Shanghai 2345 Network Holding Group Technology melonjak untuk daily limit setelah Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan China akan mempromosikan penggunaan Big Data dan menggunakan strategi “Internet Plus” untuk membantu produsen.

Indeks H-shares membukukan kenaikan terbesar di Asia dan diperdagangkan di 8,509.04 pada pukul 09:59 pagi waktu setempat. Indeks Shanghai naik menjadi 2,841.20, sedangkan Indeks CSI 300 menambahkan 0,7 persen. Indeks Hang Seng menguat 2,3 persen karena pengembang dan pengecer menguat.(frk)

Sumber: Bloomberg