Equityworld Futures Medan – Bursa saham Eropa memperpanjang level tertingginya sejak bulan April karena saham komoditas dan produsen energi memimpin kenaikan sebelum pertemuan Bank Sentral Eropa minggu ini.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,3 persen pada pukul 08:09 pagi di London. Saham Anglo American Plc. dan BHP Billiton Ltd. naik setidaknya 1,2 persen karena penguatan harga logam. Saham Eni SpA dan Tullow Oil Plc naik 1 persen atau lebih, mengikuti harga minyak mentah yang lebih tinggi.

Acuan Eropa telah berlalu tanpa kerugian selama tiga hari terakhir, melonjak pada Jumat lalu setelah data AS mengisyaratkan pasar tenaga kerja mempertahankan stabilitas tanpa memperkuat kasus untuk peningkatan tingkat yang mungkin segera terjadi. Pedagang memprediksi kurang dari kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve sampai Desember mendatang.

Investor berspekulasi bahwa bank sentral global akan menjaga kebijakan moneter yang mendukung aset berisiko, menjelang keputusan suku bunga ECB hari Kamis mendatang. Sebagian besar ekonom memprediksi Ketua Mario Draghi akan memperpanjang pelonggaran kuantitatif untuk kedua kalinya, dengan inflasi di zona Eropa terjebak mendekati nol selama hampir dua tahun dan Brexit mengancam untuk melemahkan pemulihan di kawasan tersebut. Laporan hari ini menunjukkan pesanan pabrik Jerman meningkat kurang dari perkiraan pada bulan Juli.(frk)

Sumber: Bloomberg