Saham-saham Hong Kong menuju kenaikan bulanan terbesar mereka dalam 10 bulan terakhir, didukung oleh rebound yuan di luar negeri dan optimisme bahwa pertumbuhan ekonomi AS akan naik.

Indeks Hang Seng sedikit berubah pada hari hari Jumat dan naik 6,1 persen selama bulan Januari, terbesar sejak Maret. Yuan di luar negeri dihargai 1,9 persen dalam bulan ini, ditetapkan untuk kenaikan terbesar sejak September 2010. Perdagangan ekuitas di Hong Kong akan berakhir pada Jumat siang dan dilanjutkan pada tanggal 1 Februari setelah liburan Tahun Baru Imlek. Pasar dalam negeri China ditutup hingga 2 Februari mendatang.

Penurunan 1,6 persen pada Indeks Bloomberg Dollar Spot membawa beberapa dorongan untuk aset China di tahun baru setelah percepatan dalam penurunan yuan dan peningkatan aliran modal membebani obligasi negara dan ekuitas pada bulan Desember. Saham-saham global menguat bulan ini – dengan Dow Jones Industrial Average mencapai rekor “ di tengah penguatan laba dan optimisme bahwa Presiden Donald Trump akan meningkatkan belanja fiskal AS. Mata uang Hong Kong melekat dengan dolar AS yang berarti kota mengikuti kebijakan moneter Amerika.(frk)

Sumber: Bloomberg

Equity World