Bursa Jepang Naik Karena The Fed Menahan Kenaikan Biaya PinjamanEquityworld Futures Medan : Bursa saham Jepang menguat untuk pertama kalinya dalam tiga hari setelah bank sentral AS menahan menaikkan biaya pinjaman dan menurunkan prakiraan bagaimana tingkat bunga yang lebih akan naik tahun ini.

Indeks Topix naik 0,9 persen menjadi 1,372.46 pada pukul 09:07 pagi di Tokyo, dengan sekitar hampir tujuh saham naik untuk setiap saham yang jatuh. Indeks tersebut membukukan kerugian mingguan pertama dalam empat minggu pekan lalu, setelah melonjak 15 persen selama tiga minggu sebelumnya. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,1 persen menjadi 17,153.25. Sementara yen melemah 0,2 persen menjadi 112,78 terhadap dolar setelah menguat pada hari Rabu.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menahan kisaran target untuk tingkat acuan federal fund antara 0,25 persen dan 0,5 persen pada hari Rabu setelah melakukan pertemuan selama dua hari di Washington. Rata-rata proyeksi triwulanan diperbarui pembuat kebijakan memperlihatkan bahwa tingkat acuan federal fund  berada di 0,875 persen pada akhir 2016, menyiratkan kenaikan dua seperempat poin tahun ini, turun dari empat perkiraan pada bulan Desember.

Ekspor Jepang turun untuk bulan kelima berturut-turut pada bulan Februari, menggarisbawahi masih lemahnya ekonomi yang terkontraksi pada bulan-bulan terakhir tahun 2015. Mengirim penurunan 4 persen dari tahun sebelumnya.(frk)

Sumber: Bloomberg