Equityworld_MedanOptimisme bahwa Federal Reserve berkomitmen guna mendukung kenaikan ekonomi telah memgakibatkan Indeks Standard & Poor 500 berada pada level tertingginya.

Indeks S&P 500 melonjak sebesar 0.3% ke level rekor 1,992.37 pukul 4 sore waktu New York, memperpanjang reli selama 4 hari secara berturut-turut, pergerakan terlama dalam 2 bulan terakhir. Dow Jones Industrial Average catat gain sebesar 60.94 poin atau 0.4% ke level 17,040.07, menguat diatas level 17,000 untuk pertama kalinya sejak 29 Juli lalu. Saham-saham finansial reli akibat Bank of America Corp. menguat 4.2%. Hewlett-Packard Co. melonjak sebesar 5.4% yang memimpin kenaikan pada saham-saham teknologi.

Kenaikan muncul setelah Indeks S&P 500 memulai bulan Agustus dengan penurunan mingguan terburuknya dalam lebih dari 2 tahun terakhir. Hampir $900 miliar telah kembali ke ekuitas Amerika sejak saat itu, hal tersebut didorong oleh meredanya ketegangan di Ukraina dan spekulasi bahwa bank sentral akan mempertahankan suku bunga rendah meskipun ekonomi telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Indeks S&P 500 telah mengalami rebound sebesar 4.3% dari level terendahnya dalam 3 bulan terakhir yang tercatat pada tanggal 7 Agustus lalu.

Kemarin hasil pertemuan The Fed bulan Juli lalu telah dirilis yang menegaskan spekulasi bahwa bank sentral masih akan mendukung, meskipun beberapa para pembuat kebijakan mengindikasikan bahwa kenginginan untuk menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Sementara rilis laporan hari ini menunjukkan bahwa pada pekan lalu lebih sedikit warga Amerika dari yang diperkirakan sebelumnya mengajukan klaim pengangguran, sementara Ketua The Fed Janet Yellen telah menegaskan meskipun adanya  kenaikan yang belum stabil pada pasar tenaga kerja guna mempertimbangkan stimulus berikutnya. (bgs)

Sumber : Bloomberg