Bursa Saham AS Ditutup Turun 1.5%

Bursa Saham AS Ditutup Turun 1.5%Equityworld Futures Medan : Saham AS melemah terkait data payrolls bulan Agustus yang memberi sedikit kenyamanan bagi investor saham AS yang mencari kejelasan atas suku bunga di tengah gejolak pasar global dan tumbuhnya kekhawatiran tentang kekuatan ekonomi.

Indeks Standard & Poor 500 turunn 1,5 persen menjadi 1,921.21 pada 04:00 sore di New York. Indeks acuan turun 3,4 persen pada minggu ini. Pasar ekuitas akan ditutup pada Senin nanti untuk memperingati Hari Buruh.. Perdagangan perusahaan di S & P 500 adalah 10 persen di bawah rata-rata 30-hari nya.

Indeks S & P 500 siap untuk penurunan keenamnya yang melebihi 1 persen dalam 12 hari pada bursa saham AS. Sebelum itu, pernah ada 10 penurunan serupa sejak Januari lalu. Indeks acuan telah naik atau turun dengan rata-rata lebih dari 2 persen per hari sejak merosot dari kisaran perdagangan 2015 pada 20 Agustus sampai hampir empat kali lipat dari sembilan bulan sebelumnya.

Bulan September merupakan bulan terburuk untuk indeks S & P 500, dengan turunnya indeks saham rata-rata sebesar 1,1 persen seperti data yang sama pada tahun 1927, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Pasar keuangan belum mampu melepaskan diri dari volatilitas yang mengguncang pasar di tengah kekhawatiran bahwa perlambatan China akan meluas. Indeks Dow kemarin menghapus reli hampir sebesar 200 poin karena optimisme atas perubahan Bank Sentral Eropa terhadap pelonggaran kuantitatifnya mulai berkurang. Indeks tersebut naik sebesar 1,8 persen pada Rabu kemarin setelah turun 2,8 persen sehari sebelumnya.(mrv)

Sumber: Bloomberg