Equity World – Pasar saham Asia menguat pada Senin (5/9) setelah komentar dari pertemuan puncak ekonomi terkemuka di dunia menyerukan lebih banyak koordinasi dan pertumbuhan yang lebih cepat.

Pada akhir pekan Presiden China Xi Jinping mendesak anggota G20 untuk meningkatkan koordinasi kebijakan dalam mendorong pertumbuhan global dan menjaga stabilitas keuangan.

Saham di China dipimpin oleh sektor pertambangan batu bara dengan Indeks Komposit Shanghai naik 0,30%. Indeks Hang Seng Hong Kong menguat 1,57%. Yuan sedikit menguat Senin meski KTT G20 di Hangzhou terus berlanjut dan Bank Rakyat China melemahkan penetapannya di 6,6873, dibandingkan dengan paritas pusat 6,6727 pada Jumat lalu.

Sebelumnya di Australia, indeks jasa AIG merosot ke wilayah kontraksi di 45,0 pada bulan Agustus dengan pembacaan sebelumnya 53,9. Juga, PMI jasa Caixin dari China naik menjadi 52,1, mengalahkan harapan 51,9 dan naik dari 51,7 bulan sebelumnya. China merupakan mitra dagang utama Australia.

S&P/ASX 200 melonjak 0,98%.

AI Group Chief Executive Innes Willox mengatakan penurunan jasa dikombinasikan dengan indeks manufaktur kembali ke wilayah kontraksi terdengar sebagai peringatan serius dari kerapuhan ekonomi. “Hasil itu menunjukkan bahwa bisnis sangat membutuhkan tindakan dalam membangun kepercayaan yang mendorong produktivitas dan mengurangi biaya dan hambatan pertumbuhan. Sekarang, lebih dari sebelumnya, bisnis membutuhkan semua sisi politik untuk bertindak bersama-sama demi kepentingan nasional.”

Juga di Australia, persediaan bisnis naik 0,3%, lebih rendah dari 0,4% keuntungan kuartal-ke-kuartal terlihat dan laba operasi perusahaan melonjak 6,9%, lebih baik dari kenaikan yang diharapkan sebesar 2,0% kuartal-ke-kuartal.

Jepang melaporkan rata-rata pendapatan kas naik 1,4%, mengalahkan kenaikan 0,5% diperkirakan tahun-ke-tahun setelah beberapa perusahaan beralih ke upah yang rendah, paruh waktu dan pekerja kontrak untuk mempekerjakan pekerja lebih teratur dalam menangani kekurangan tenaga kerja.

Nikkei 225 melompat 1,27% setelah data dan sambutan Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda tentang langkah-langkah kemungkinan pelonggaran lebih lanjut.

Pasar di AS dan Kanada ditutup pada hari Senin untuk hari libur umum. Pekan lalu, saham AS menguat setelah penutupan pada hari Jumat, dengan keuntungan diraup sektor Utilitas, Minyak & Gas dan Bahan Dasar memimpin saham lebih tinggi.

Pada penutupan di NYSE, Dow Jones Industrial Average terdorong 0,39%, sedangkan Indeks S&P 500 bertambah 0,42%, dan Indeks Komposit NASDAQ naik 0,43%.

Sumber: investing.com

Equity World Futures