Equityworld_MedanBursa Saham China menuju penurunan mingguan tertajamnya dalam 2 bulan terakhir ditengah kekhawatiran mengenai penjualan saham baru yang akan mengurangi permintaam ekuitas yang ada.

Aluminum Corp. of China Ltd. melemah sebesar 1.4% setelah merugi pada semester pertamanya. People.cn Co. tergelincir 2.6%, memangkas gain bulan ini sebesar 29%. Saham-saham yang berhubungan dengan militer menguat setelah Shanghai Securities News menyatakan bahwa China menyuntikkan aset peneliti militer ke dalam beberapa perusahaan yang terdaftar di bursa.

Indeks Shanghai Composite menguat 0.1% ke level 2,198.73 pukul 9:54 pagi waktu China. Pekan ini acuan tersebut mengalami penurunan sebesar 1.9%, penurunan tajam sepekan hingga 20 Juni lalu dan mengakhiri gain dalam 6 pekan terakhir dan sedikit berubah untuk bulan Agustus lalu. Kemarin suku bunga bagi pinjaman menginap (overnight loan) pada Shanghai Stock Exchange melonjak ke level tertingginya sejak 2007 lalu setelah IPO (initial public offering) memicu permintaan uang tunai.

Volume perdagangan saham pada Indeks Shanghai sebesar 38% dibawah 30 hari rata-rata untuk saat ini, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg. (bgs)

Sumber : Bloomberg