Equityworld_MedanBursa Saham Eropa melemah dari level 1 bulan tertingginya akibat para investor mengkaji valuasi dan menunggu rilis data AS guna menilai kinerja ekonomi negeri Paman Sam tersebut. Sementara itu, Indeks Berjangka AS stagnan dan Bursa Saham Asia melemah.

Gemalto NV turun tajam dalam 6 bulan terakhir setelah melaporkan pendapatan semester pertama tidak sesuai dengan perkiraan analis sebelumnya. Essilor International SA menguat 5.3% setelah mencatat kenaikan 11% pada laba semester satunya.

Indeks Stoxx Europe 600 melemah sebesar 0.2% ke level 342.51 pukul 8:16 pagi waktu London. Selama 3 hari sebelumnya indeks tersebut mengalami kenaikan sebesar 2% setelah Presiden ECB (European Central Bank) Mario Draghi memberikan sinyal bahwa para pembuat kebijakan bersiap untuk menambah stimulus. Kontrak pada Indeks Standard & Poor 500 turun kurang dari 0.1% dan Indeks MSCI Asia Pacific melemah 0.3%.

Rilis laporan pada pukul 8:30 pagi ini waktu Washington diperkirakan akan menunjukkan 300,000 warga Amerika mengajukan klaim pengangguran hingga 23 Agustus lalu, naik sebesar 2,000 dari pekan sebelumnya, menurut survey Bloomberg dari para ekonom. Sebuah laporan terpisah diperkirakan akan menunjukkan penjualan rumah bekas (pending home sale) Juli lalu naik 0.5%, setelah mencatat penurunan 1.1% pada bulan sebelumnya.

Laporan terakhir pukul 11:00 pagi ini waktu Brussels diperkirakan akan menegaskan bahwa indeks sentiment rumah tangga zona Eropa Agustus lalu turun ke minus 10 dari minus 8.4 Juli lalu. (bgs)

Sumber : Bloomberg