Equityworld_MedanSaham-saham Hong Kong jatuh, dengan indeks acuan meluncur untuk hari ketiga, pasca rilis data perdagangan China dan seiring saham Tencent Holdings Ltd turun.

Indeks Hang Seng turun sebesar 0,3 persen ke level 25,161.41 pada sesi 1 perdagangan di Hong Kong setelah sebelumnya naik sebesar 0,2 persen. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, menguat sebesar 0,2 persen ke level 11,393.49. Pasar finansial China ditutup untuk liburan dan besok pasar finansial Hong Kong ditutup.

Rilis data hari ini menunjukkan impor China mengalami kontraksi sebesar 2,4 persen pada Agustus lalu dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan perkiraan untuk kenaikan sebesar 3 persen. Ekspor melonjak sebesar 9,4 persen, melebihi dari perkiraan para ekonom untuk kenaikan sebesar 9 persen.

Indeks acuan H-share menguat sebesar 10 persen pada kuartal ini pekan lalu seiring para investor menimbang prospek stimulus tambahan untuk mengatasi melambatnya perekonomian China. Indeks tersebut diperdagangkan pada 7,8 kali perkiraan laba pada penutupan terakhir, dibandingkan dengan kelipatan 11,6 kali untuk Indeks Hang Seng dan 16,8 kali untuk Indeks Standard & Poor 500. (knc)

Sumber : Bloomberg