Equityworld_MedanBursa saham Hong Kong berayun antara keuntungan dan kerugian pasca indeks acuan merosot tajam dalam 7 bulan terakhir dan seiring para investor menimbang data inflasi China. Sektor pengembang China rebound sementara perusahaan energi turun.

Saham China Resources Land Ltd, kemarin memimpin penurunan pada indeks Hang Seng, naik sebesar 1,5 persen. Saham CNOOC Ltd, perusahaan explorer energi lepas pantai terbesar China, turun sebesar 1 persen setelah minyak diperdagangkan mendekati level 8 bulan terendahnya dan saham diperdagangkan tanpa hak dividen terbaru. Saham Lenovo Group Ltd, perusahaan produsen terbesar di dunia komputer pribadi, mengalami penurunan terbesarnya dalam hampir tujuh bulan terakhir setelah kepemilikan saham memangkas lebih jauh dari saham perusahaan.

Indeks Hang Seng naik sebesar 0,1 persen ke level 24,732.87 pada sesi 1 perdagangan di Hong Kong setelah sebelumnya jatuh sebesar 0,2 persen. Indeks tersebut melemah sebesar 1,9 persen kemarin. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, sedikit berubah pada level 11,121.30 hari ini.

Harga produsen China turun sebesar 1,2 persen pada Agustus dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan bulan sebelumnya melemah sebesar 0,9 persen dan penurunan 1,1 persen yang diperkirakan oleh para analis. Harga konsumen naik sebesar 2 persen, dibandingkan dengan kenaikan pada bulan Juli lalu sebesar 2,3 persen dan perkiraan untuk kenaikan sebesar 2,2 persen. Target inflasi resmi pemerintah dari 3,5 persen memungkinkan ruang untuk pelonggaran tambahan. (knc)

Sumber : Bloomberg