Bursa Saham Jepang Berayun Jelang Keputusan BOJ

Bursa Saham Jepang Berayun Jelang Keputusan BOJEquityworld Futures Medan : Bursa saham Jepang berfluktuasi menjelang keputusan kebijakan dari Bank of Japan, dengan ekonom terbagi pada apakah BOJ akan meningkatkan stimulus moneter dari level rekor yang sudah ada.

Saham Shionogi & Co. melonjak 12% setelah menaikkan perkiraan laba setahun penuh dan setelah surat kabar Nikkei melaporkan produsen obat tersebut akan merilis perawatan bagi pengidap influenza dalam satu hari pada tahun 2018 mendatang. Jumat adalah hari tersibuk bagi musim laba, dengan lebih dari 300 perusahaan akan melaporkan, termasuk Japan Airlines Co, yang sahamnya naik 1,5%. Saham Nippon Steel & Sumitomo Metal Corp. turun 1,8% setelah memotong proyeksi keuntungan terkait berlimpahnya pasokan dari China. Sementara saham Nintendo Co. merosot 8,6%, memperpanjang penurunan 9% pada Kamis kemarin, setelah Macquarie Group Ltd. memangkas rating perusahaan menyusul penundaan perusahaan untuk berkecimpung dalam pembuatan game smartphone.

Indeks Topix tergelincir 0,1% ke level 1,545.84 pada istirahat perdagangan di Tokyo, menuju keuntungan bulanan sebesar 9,5%, yang terbaik sejak April 2013. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,2% ke level 18,907.60. Yen diperdagangkan di level 120,92 per dolar setelah data yang dirilis sebelum pertemuan BOJ menunjukkan Gubernur Haruhiko Kuroda masih berada jauh dari target inflasi yang dicapainya.(frk)

Sumber: Bloomberg