Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Bursa Saham Jepang menguat, Indeks Topix menuju gain mingguan keempat secara berturut-turut, penguatan akibat para investor menunggu rilis data terkait pertumbuhan ekonomi akan tanda-tanda bahwa Perdana Menteri Shinzo Abe yang akan menunda kenaikan pajak penjualan dan menyerukan diadakan pemilu.
Indeks Topix menguat 0.5% ke level 17,481.96 pukul 9:02 pagi waktu Tokyo setelah kemarin memperpanjang level penutupan tertingginya sejak Juni 2008 lalu. Pekan ini indeks acuan tersebut berada pada laju kenaikan 3.4%. Sementara Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 0.3% ke level 17,447.17. Selain itu yen berada pada level 115.78 per dollar setelah kemarin melemah 0.2%.
Rilis data tanggal 17 Novemebr mendatang diperkiarakan akan menunjukkan GDP (gross domestic product) kuartal ketiga tumbuh 2.2% setelah periode sebelumnya merosot 7.1%, hal itu menurut perkiraan awal pada survei Bloomberg News dari analis.
Abe diperkirakan akan mengadakan pemilu pada 14 Desember mendatang setelah menunda kenaikan pajak yang akan dilaksanakan pada Oktober 2015 mendatang, menurut sebuah sumber.
Sejak 30 Oktober hingga kemarin Indeks Topix telah mengalami kenaikan 8.7%, hari menjelang BOJ (Bank of Japan) menaikkan stimulus dan dana pensiun  Jepang dikatakan akan mendorong kepemilikan saham. Kemarin Relative Strength Index selama 14 hari berada pada angka 70, menurut rilis data yang dihimpun oleh Bloomberg, ambang batas tersebut menurut para trader sebagai sebuah indikasi bahwa saham telah naik secara cepat.
Perusahaan-perusahaan pada Indeks Topix yang telah merilis laba kuartalan dari 1 Oktober hingga kemarin dan seperti Bloomberg telah perkirakan sebelumnya, 64% melampaui perkiraan laba sebelumnya. (bgs)
Sumber : Bloomberg