Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Bursa Saham Jepang melemah pada hari ke-2 akibat yen diperdagangkan mendekati level 4 pekan tertingginya terhadap dolar.
Indeks Topix melemah 0.6% ke level 1,365.67 pukul 9:02 pagi waktu Tokyo, dengan semua 33 saham grup industri melemah. Sementara Indeks Nikkei 225 Stock Average menurun 0.8% ke level 16,956.80. Sedangkan yen naik 0.1% ke level 117.81 per dolar dengan naik pada hari ke-4 setelah kemarin sempat mencapai level tertingginya sejak 17 Desember lalu. Di lain pihak Bursa Saham AS berayun diantara gain dan loss ditengah melonjaknya volatilitas setelah minyak mentah berfluktuasi dengan mendekati level terendah dalam 5 tahun terakhir.
Kemarin minyak mentah WTI (West Texas Intermediate) turun di bawah level $45 per barel untuk pertama kalinya sejak April 2009 silam ditengah spekulasi bahwa rilis data hari ini akan menunjukkan pasokan minyak mentah AS akan naik, sehingga memicu kekhawatiran terkait pasokan minyak global yang terus melimpah. Sementara tembaga turun ke level harga terendah sejak 2009 lalu.
Bursa Saham AS berayun setelah musim rilis pendapatan perusahaan kuartal ke-4 dimulai dengan para analis memangkas estimasi laba pada perusahaan yang sahamnya terdaftar di Indeks Standard & Poor 500 terkait penurunan harga minyak. (bgs)
Sumber: Bloomberg