China H Shares Bersiap Raih Gain Bulanan Terbaik di antara Rekan Globalnya

Equityworld Futures Medan – Indeks yang mengukur saham Cina di Hong Kong menuju kenaikan bulanan terbesar di antara rekan-rekan global seiring Bank of China Ltd untuk Ping An Insurance (Group) Co melaporkan pendapatan yang lebih baik dari estimasi dan investor berspekulasi bank sentral akan terus menambah stimulus.

Hang Seng Index China Enterprises naik 7 persen pada bulan Agustus, yang tertinggi di antara 94 indeks acuan ekuitas dilacak oleh Bloomberg. Bank dan asuransi memimpin kenaikan, dengan Industrial & Commercial Bank of China Ltd melonjak 14 persen, sedangkan saham pembuat mobil menurun. Indeks itu sedikit berubah pada pukul 10:06 hari Rabu, bersama dengan Shanghai Composite Index, yang bersiap untuk kenaikan bulanan ketiga berturut-turut.

Dengan musim laporan pendapatan China yang sudah hampir berakhir, 71 persen dari laporan keuangan perusahaan yang termasuk dalam indeks H-share berhasil mengalahkan perkiraan pendapatannya, dan 55 persen melebihi perkiraan penjualan. Namun, perlambatan ekonomi nasional membebani laba, dengan para analis memproyeksikan laba bersih pada saham anggota akan turun 14 persen dalam kuartal saat ini. Rally ekuitas tersandung di paruh kedua Agustus di tengah kekhawatiran biaya pinjaman yang lebih tinggi di AS akan memperbaharui tekanan pada yuan dan pasar properti Hong Kong.

Hang Seng Index China Enterprises turun 0,2 persen ke level 9,580.57, sementara indeks komposit Shanghai turun 0,3 persen, sehingga memangkas gain bulan ini menjadi 3 persen. Saham properti di daratan melonjak 11 persen pada bulan Agustus setelah pembelian saham oleh China Evergrande Grup memicu optimisme untuk merger berikutnya dan harga rumah di kota-kota terbesar naik. Shenzhen Composite Index naik 4 persen, didukung oleh persetujuan link perdagangan valuta dengan Hong Kong. (Sdm)

Sumber: Bloomberg