Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Saham Asia naik untuk hari kedua pasca indeks AS mencapai rekor yang tak terduga seiring China memangkas suku bunga acuan sehingga memicu optimisme dalam perekonomian global.

Indeks MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang naik 0,5% menjadi 475,75 pada 09:02 pagi di Seoul. China menurunkan suku bunga pekan lalu, bergabung dengan Bank Sentral Eropa dan Bank of Japan dalam mengumumkan stimulus baru.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 1%. Indeks Australia S&P/ASX 200 naik 1,4%. Indeks NZX 50 Selandia Baru stagnan. Sementara itu pasar saham Jepang ditutup untuk hari libur. Kontrak pada indeks Hang Seng Hong Kong melonjak 2,1% pada sesi perdagangan terbarunya, dengan pasar tunai belum dibuka untuk hari ini. Kontrak pada indeks Hang Seng China Enterprises naik 3,2%.

China memangkas suku bunga acuan untuk pertama kalinya sejak Juli 2012 dikarenakan pemerintah meningkatkan dukungan bagi perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut. Satu tahun suku bunga pinjaman berkurang 0,4% menjadi 5,6%, sedangkan suku bunga deposito satu tahun diturunkan oleh 0,25 persentase poin menjadi 2,75%, dikatakan oleh People’s Bank of China (PBOC) di situsnya pada 21 November.(yds)

Sumber: Bloomberg