China Peringatkan Inggris Terkait Proyek Nuklir

Equity world – Kegagalan melanjutkan proyek nuklir Hinkley Point dapat mengancam hubungan Cina dan Inggris, demikian peringatan yang disampaikan dutabesarnya untuk Inggris.

Lewat tulisan di Financial Times, Liu Xiaoming mengatakan kelambatan menyepakati pembangkit akan membuat kedua negara mencapai “persimpangan bersejarah yang menentukan”.

Dia mengisyaratkan “kesalingpercayaan” akan hancur jika pemerintah Ingrgis memutuskan untuk tidak menyepakati persetujuan.

Cina diperkirakan akan mendanai sekitar sepertiga dari proyek senilai £18 miliar atau Rp307 triliun.

Bulan lalu, perusahaan Prancis EDF, yang membiayai sebagian besar Hinkley Point C di Somerset, memutuskan untuk melanjutkan proyek ini.

Tetapi muncul sebuah langkah mengejutkan dari pemerintah Inggris yang menyatakan keinginan menunda sampai permulaan musim gugur untuk mengkajinya.

Muncul sejumlah laporan bahwa kekhawatiran Perdana Menteri Theresa May terkait keterlibatan Cina pada pembangkit nuklir Inggris adalah alasan utama penundaan kesepakatan.

Mantan Menteri Perdagangan Sir Vince Cable mengatakan saat dia masih di dalam kabinet bersama-sama May yang saat itu menteri dalam negeri, Theresa pernah menyatakan dirinya tidak menyukai pendekatan “tanpa pemikiran panjang” pemerintahan Cameron saat berurusan dengan Beijing.

Sumber : BBC

EQUITY WORLD FUTURES

PT Equity World Futures

PT Equity World Futures

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.

One thought on “China Peringatkan Inggris Terkait Proyek Nuklir

Comments are closed.