Deflasi China Memperpanjang Penurunan Menekan Kebijakan MoneterEquityworld Futures Medan : Tingkat inflasi konsumen di China pada bulan Oktober menurun sementara indeks deflasi memperpanjang penurunan beruntun pembacaan negatif, menandakan pembuat kebijakan kemungkinan memerlukan tindakan untuk meringankan tekanan deflasi.

Indeks harga konsumen naik 1,3 % pada bulan Oktober dari tahun sebelumnya, menurut data dari Biro Statistik Nasional. Itu dibandingkan dengan 1,5 % menurut perkiraan rata-rata yang disurvei oleh Bloomberg dan 1,6 % pada bulan September. Indeks harga produsen turun 5,9 %, memperpanjang pembacaan negatif untuk 44 bulan beruntun.

Risiko deflasi berkepanjangan, bersamaan dengan penurunan dalam perdagangan, membutuhkan stimulus tambahan seiring tingkat inflasi sekitar setengah dari target pemerintah. Bank sentral China telah memangkas suku bunga sebanyak 6 kali dalam satu tahun terakhir guna berusaha untuk menstabilkan perekonomian tanpa memicu lonjakan baru dalam utang. (knc)

Sumber: Bloomberg