Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Mata uang dolar catat kenaikan bersamaan dengan saham global, minyak dan logam pasca China memangkas tingkat suku bunganya. Sementara mata uang euro melemah karena Mario Draghi mengatakan Bank Sentral Eropa (ECB) harus mendorong inflasi ketingkat yang lebih tinggi.

Indeks Bloomberg Dollar Spot naik ke level tertinggi dalam lima tahun terakhir pukul 4 sore di New York. Indeks MSCI All-Country World mencatatkan kenaikan sebesar 0,7 persen, sementara indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 0,5 persen, merupakan kenaikan tertinggi sepanjang masa. Sedangkan  minyak naik sebesar 0,9 persen. Indeks Stoxx Europe 600 menguat sebesar 2,1 persen ke level tertinggi dalam dua bulan terakhir, sementara mata uang euro turun tajam dalam satu tahun terakhir terhadap mata uang yen dan tembaga naik sebesar 0,6 persen.

Untuk pertama kalinya China memangkas suku bunga acuan sejak Juli 2012 lalu, untuk meningkatkan upaya dalam mendukung perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut. Langkah ini menempatkan Bank of China di samping Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank of Japan (BOJ) dalam meningkatkan stimulus. Sementara itu Draghi mengatakan ECB hari ini perlu mempercepat inflasi dan dapat memperluas program pembelian obligasi. (vck)

Sumber: Bloomberg