Equity_MedanDolar menuju bentangan gain terpanjang terhadap yen lebih dari 12 tahun setelah perekonomian AS mengalami rebound yang lebih kuat dari perkiraan ekonom.

 

Greenback ditetapkan untuk kenaikan bulanan terbesar dalam lebih dari satu tahun dibandingkan rekan-rekan utama setelah yield Treasury dengan tenor 10-tahun menyentuh level tertinggi dua pekan kemarin, dengan analis memprediksi data yang akan dirilis besok akan menunjukkan para pengusaha meningkatkan payroll. Dolar Australia adalah 0,2 persen dari delapan minggu terendah jelang rilis data yang mungkin menunjukkan persetujuan bangunan terhenti.

 

Indeks Bloomberg Dollar Spot, yang melacak mata uang AS terhadap 10 mata uang utama, sedikit berubah pada 1,020.57 pada pukul 09:08 pagi di Tokyo. Indeks tersebut telah naik 1,7 persen dalam bulan ini, bersiap untuk kenaikan terbesar sejak Mei 2013.

 

Dolar naik 0,1 persen menjadi 102,84 yen, menuju gain untuk hari ke-10 yang akan menjadi terpanjang sejak Desember 2001 ini telah naik 1,5 persen bulan ini, kenaikan terbesar di antara 10 Kelompok pair-nya. Dolar sedikit berubah terhadap euro di level $ 1,3396 per euro setelah menyentuh $ 1,3367 kemarin, level terkuat sejak 12 November Greenback telah naik 2,2 persen sejak 30 Juni yang lalu terhadap mata uang Eropa.

 

Jatuh tempo yield untuk utang pemerintah AS dalam satu dekade menyentuh 2,56 persen kemarin, tertinggi sejak 16 Juli, setelah data pemerintah menunjukkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) mengalami rebound 4 persen pada kuartal terakhir, mengalahkan perkiraan rata-rata 3 persen dalam survei analis oleh Bloomberg News.(frk)

 

Sumber : Bloomberg