Equityworld_MedanEquityworld Futures : Dolar menguat dari level 1 bulan terendahnya terhadap yen pada spekulasi penurunan terpanjangnya sejak Juli lalu tidak beralasan mengingat pertumbuhan ekonomi AS kemungkinan akan melebihi Jepang.

Dolar AS naik untuk ketiga kalinya dalam empat hari terakhir terhadap euro seiring para analis memprediksi data Eropa hari ini akan menunjukkan produksi industri merosot pada bulan Agustus lalu. Mata uang yen melemah terhadap semua 16 mata uang utama terkait saham AS futures rally, permintaan untuk aset haven Jepang meredam. Dolar Australia naik untuk hari kedua setelah bank sentral China memangkas suku bunga berjanji untuk membayar kepada pemberi pinjaman, menandakan kemungkinan pelonggaran moneter.

Dolar naik sebesar 0,3 persen ke level 107,19 yen pukul 12:19 siang waktu Tokyo setelah sebelumnya meluncur ke level 106,76, level terendahnya sejak 11 September lalu. Mata uang Dolar jatuh selama tiga hari terakhir yang merupakan penurunan terpanjangnya sejak periode yang berakhir tanggal 8 Juli lalu. Mata uang AS naik sebesar 0,2 persen ke level $ 1,2723 per euro. Sementara yen melemah sebesar 0,1 persen ke level 136,40 per euro.

Sumber : Bloomberg