Dua Saham Baru Loncat 70%, Ini Pesan BEI

Dua Saham Baru Loncat 70%, Ini Pesan BEIEquityworld Futures -Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan dua emiten barunya yang mencatatkan saham perdana melalui skema penawaran umum perdana saham atau initial public offering / (IPO).

Keduanya adalah perusahaaan geotekstil PT Agro Yasa Lestari Tbk (AYLS), emiten ke-11 dan perusahaan produsen makanan laut, PT Era Mandiri Cemerlang Tbk (IKAN) yang jadi emiten ke-12 tahun ini dan dicatatkan di papan pengembangan.

Direktur Penilaian BEI, I Gede Nyoman Yetna berpesan, agar keduanya segera merealisasikan rencana dari proceed yang sudah diperoleh. Menampilkan performance keuangan yang baik dan menjalankan operasional perusahaan yang transparan dan akuntabel.

“Bursa akan selalu mensupport perusahaan untuk memanfatkan pasar modal untuk mencapai growth opportunity,” kata Nyoman Yetna di BEI, dalam seremoni pencatatan saham perdana, Rabu (12/2/2020).

Agro Yasa Lestari tercatat melepas sebanyak 258,70 juta saham atau setara 34,80% dengan nilai penawaran sebesar Rp 100 per saham. Dengan demikian, dari IPO ini, perseroan meraih dana Rp 25,87 miliar.

Pada saat yang bersamaan, perseroan juga menerbitkan waran sebanyak 206,96 juta dengan harga pelaksanaan Rp 150 sebagai pemanis (sweetener).

Dana yang dihimpun dari IPO, sebesar 83,28% akan dipakai untuk modal kerja dan sekitar 16,72 persen akan dipakai untuk membayar sebagian utang.

Saat debut perdana, saham Agro Yasa terpantau menguat 70% atau naik 70 poin ke level Rp 170 per saham setelah ditransaksikan sebanyak 6 kali dengan volume 6.600 saham.

Sementara itu, produsen makanan laut, PT Era Mandiri Cemerlang Tbk (IKAN), melepas sebanyak 333,3 juta saham dengan harga penawaran Rp 120 per saham. Dari gelaran IPO ini, perseroan meraih dana segar Rp 39,99 miliar.

“Rencana strategis penggunaan dana setelah IPO untuk meningkatkan sarana porduksi di Jakarta dan Gorontalo dan penambahan modal kerja untuk bahan baku produksi,” kata Direktur Utama Era Mandiri Cemerlang, Johan Rose, Rabu (12/2/2020).

Saat debut perdana melantai di bursa, saham IKAN terpantau naik 70% atau 84 poin ke level Rp 204 per saham setelah ditransaksikan sebanyak 8 kali dengan volume 1,59 juta saham.

Sumber : cnbcindosesia.com

PT. Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2019
Loker EWF Medan

Tinggalkan Balasan