ECB : Program QE Akan Dibekukan Selama Periode Desember

ECB  Program QE Akan Dibekukan Selama Periode DesemberEquityworld Futures Medan : Bank Sentral Eropa akan meningkatkan pembelian aset pada bulan Desember untuk mengkompensasi jeda masa liburan selama hampir dua minggu.

“The Eurosystem sementara akan menghentikan pembelian APP antara tanggal 22 Desember 2015, dan 1 Januari 2016, untuk mengantisipasi likuiditas pasar yang lebih rendah selama periode ini dan untuk mengurangi kemungkinan gangguan pasar,” menurut ECB Frankfurt yang berbasis di sebuah pernyataan di situsnya, Rabu. “Pembelian akan dilanjutkan pada 4 Januari 2016. Selain itu, pembelian selama periode 27 November hingga 21 Desember akan menjadi agak Frontloaded untuk mengambil keuntungan dari kondisi pasar yang relatif lebih baik dari yang diharapkan selama awal bulan.”

Sejak program pelonggaran kuantitatif senilai 1,1 triliun euro ($ 1.2 triliun) yang dimulai pada bulan Maret, ECB telah bersiap untuk beradaptasi pada laju pembelian, biasanya sekitar € 60 miliar per bulan, untuk mengakomodasi perubahan dalam aktivitas pasar. Pembelian obligasi pemerintah, obligasi tertutup dan efek yang didukung sekuritas yang dimaksudkan untuk membantu ECB mencapai target inflasi hanya di bawah 2 %. (knc)

Sumber : Bloomberg