Equityworld_MedanPemulihan zona euro terhenti di tiga ekonomi terbesar dalam kuartal kedua, menggarisbawahi kerentanan wilayah inflasi yang lemah dan krisi yang masih terjadi di Ukraina.

GDP (Gross Domestic Produk/Produk domestik bruto) Jerman menyusut 0,2%, lebih dari perkiraan para ekonom, sementara stagnasi di Perancis mendorong pemerintah untuk membatalkan sasaran defisit 2014 setelah data yang dirilis hari ini. Dikombinasikan dengan penurunan terduga Italia ke dalam resesi, laporan yang dapat menambah tekanan pada Bank Sentral Eropa (ECB) untuk memperluas stimulus.

Sementara penurunan kuartal kedua Jerman disebabkan oleh musim dingin yang hangat yang mengeser output produksi untuk bulan sebelumnya, prospek bulan mendatang kini tertutup oleh dampak dari langkah-langkah internasional terhadap Rusia atas dukungannya terhadap separatis di Ukraina. Hal tersebut membahayakan zona euro secara keseluruhan, di mana inflasi berjalan pada laju paling lambat sejak 2009 silam serta langkah-langkah yang diumumkan oleh ECB akan mengambil waktu untuk memiliki efek. (yds)

Sumber: Bloomberg