Equityworld_MedanPesanan pabrik Jerman Juli lalu melonjak ke level tertinginya dalam lebih dari setahun terakhir setelah melemahnya permintaan pada kuartal kedua berkontribusi pada kontraksi ekonomi terbesar di Eropa tersebut.

Pesanan pabrik, disesuaikan dengan perubahan musiman dan inflasi, naik sebesar 4,6 persen dari Juni lalu, setelah direvisi melemah sebesar 2,7 persen, menurut rilis data dari Departemen Ekonomi di Berlin hari ini. Angka tersebut merupakan kenaikan terbesarnya sejak Juni 2013 lalu dan melebihi rata-rata 1,5 persen dari 33 perkiraan yang disurvei oleh Bloomberg News.

Kepercayaan bisnis Jerman telah berkurang seiring sanksi terhadap Rusia, konflik negara dan ketegangan di Timur Tengah mulai mempengaruhi ekonomi Jerman, yang mengalami kontraksi sebesar 0,2 persen pada periode April sampai Juni lalu. Pada saat yang sama, tingkat pengangguran berada pada level terendahnya yang mendongkrak konsumsi akibat Bank Sentral Eropa menerapkan langkah-langkah stimulus untuk menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi.

Pesanan manufaktur domestik Juli lalu naik sebesar 1,7 persen dari bulan sebelumnya, sementara pesanan ekspor melonjak sebesar 6,9 persen, didorong oleh kenaikan permintaan investasi-barang dari luar zona euro sebesar 14,6 persen, menurut rilis data dari kementerian terkait. Pesanan barang dasar naik sebesar 0,3 persen dan permintaan barang konsumsi Juli lalu melemah sebesar 2,9 persen. (knc)

Sumber : Bloomberg