2090633Ekspor China naik pada bulan Juni dari tahun sebelumnya dan impor rebound dari penurunan di bulan Mei, data pemerintah menunjukkan hari ini.

Pengiriman ke luar negeri naik sebesar 7,2 persen dari tahun sebelumnya, pihak Pabean mengatakan pagi ini di Beijing, dibandingkan dengan estimasi median untuk peningkatan sebesar 10,4 persen dalam survei Bloomberg News terhadap para ekonom. Impor naik sebesar 5,5 persen, meninggalkan surplus perdagangan $31.6 miliar.

Kekuatan perdagangan akan membantu menentukan apakah Perdana Menteri Li Keqiang memperluas stimulus pasca ia mempercepat belanja infrastruktur dan pemotongan pajak diuraikan berikut pertumbuhan kuartal pertama yang paling lambat dalam enam periode. Permintaan dari luar negeri tidak menjamin, dengan kepala Dana Moneter Internasional Christine Lagarde mengatakan pekan ini bahwa pengeluaran investasi global tetap bersemangat.

Perkiraan untuk ekspor dari 47 analis berkisar dari penurunan 1,3 persen peningkatan dari 17,6 persen, menyusul kenaikan bulan Mei sebesar 7 persen. Proyeksi impor rata-rata naik sebesar 6 persen, jarak penurunan sebesar 0,5 persen melonjak menjadi 14,3 persen. Impor turun 1,6 persen pada Mei.

Surplus perdagangan diproyeksikan $36.95  miliar, berdasarkan perkiraan median ekonom. (izr)

Sumber: Bloomberg