Emas Antam vs Emas Dunia, Siapa Lebih Cuan di Semester I?

Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)PT Equityworld Futures Medan-Emas menjadi salah satu aset yang kinerjanya paling kinclong di tahun ini, di tengah pandemi penyakit virus corona (Covid-19) yang membuat perekonomian global nyungsep menuju jurang resesi.

Wajar saja, emas merupakan aset aman (safe haven) yang menjadi target investasi saat kondisi ekonomi sedang tidak pasti.

Meski demikian, perjalan emas tidak mulus di semester I-2020, emas dunia sempat mengalami aksi jual masif di bulan Maret hingga menjadi negatif secara year-to-date (YTD). Tetapi setelahnya, logam mulia ini kembali menanjak. Pada 30 Juni lalu, emas dunia berada di level US$ 1.780,66/troy ons, membukukan penguatan 17,38% sepanjang semester I.

Penguatan tersebut terbilang moncer, tetapi ternyata masih kalah cemerlang dibandingkan emas Antam. Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. ini melesat 20,63% atau Rp 147.120/gram.

Di akhir semester I-2020, harga emas Antam batangan 100 gram yang biasa menjadi acuan dibanderol Rp 86.012.000/batang atau Rp 860.120/gram.

Laju kenaikan harga emas diramal masih belum akan terhenti. Memasuki semester II-2020, harga emas dunia memang belum melaju kencang lagi, dan tertahan di bawah US$ 1.800/troy ons.

Tetapi, harga emas dunia pada akhirnya diramal akan melewati level tersebut.

Ole Hansen dari Saxo Bank dalam riset yang dikutip CNBC International mengatakan emas belakangan ini masih bergerak di kisaran US$ 1.700/troy ons, setelah mengalami pergerakan liar di bulan April.

Emas belum lagi mampu melesat naik seperti di bulan April, tetapi Hansen mengatakan investor yang sabar akan menuai hasil yang besar di kuartal III-2020.

Sementara itu bank investasi ternama Goldman Sachs yang baru-baru ini menaikkan target harga emas. Dalam 3 bulan ke depan Goldman memprediksi harga emas akan mencapai US$ 1.800/troy ons, kemudian dalam 6 dan 12 bulan ke depan akan mencapai US$ 1.900 dan US$ 2.000/troy ons.

Ketika harga emas dunia kembali menguat, maka harga emas Antam akan cenderung mengikuti.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan