Emas Bergerak Turun Terkait Outlook Suku Bunga AS

Equityworld Futures Medan : Emas turun pada hari kedua karena spekulasi bahwa kenaikan suku bunga AS tahun ini dan penguatan mata uang dolar akan menghambat permintaan untuk logam. Sementara palladium naik setelah mendekati pasar bearish.

Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan pada Jumat lalu bahwa dia mengharapkan suku bunga dinaikkan tahun ini dan kenaikan berikutnya akan dilakukan secara bertahap. Sementara biaya pinjaman yang lebih tinggi memangkas daya tarik bullion karena logam umumnya menawarkan pengembalian hanya melalui kenaikan harga. Indeks Dollar Spot Bloomberg bergerak naik untuk hari ketiga.

Bullion untuk pengiriman segera turun sebesar 0,9 % ke level $ 1,187.20 per ounce dan berada di level $ 1,190.35 pukul 10:21 pagi di London, menurut harga Bloomberg. Emas untuk pengiriman Juni bergerak turun sebesar 0,9 % ke level $ 1,190.10 di Comex New York.

Sementara emas turun pada hari Jumat lalu di London untuk mengakhiri kenaikan terpanjangnya sejak 2012 lalu, emas masih naik sebesar 0,5 % tahun ini, merupakan kenaikan kuartalan pertama sejak Juni lalu. Harga emas mencapai level tertinggi dalam tiga pekan terakhir pada 26 Maret lalu. Sedangkan Arab Saudi dan sekutunya mulai menyerang pemberontak di Yaman.

Kepemilikan pada produk yang didukung oleh emas naik pada hari Jumat lalu untuk pertama kalinya dalam empat hari terakhir, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. (vck)

Sumber: Bloomberg