Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Emas berjangka mendekati level $ 1.300 per ons posting reli terpanjangnya dalam 11 bulan terakhir dipicu spekulasi bahwa Bank Sentral Eropa akan meningkatkan stimulus ekonomi, meningkatnya permintaan untuk logam mulia sebagai asset safe haven.
Aset di SPDR Gold Trust, produk yang diperdagangkan di bursa terbesar didukung oleh logam, pekan lalu naik 3,3 %, kenaikan terbesarnya sejak Mei 2010 lalu. Kontrak berjangka catat kenaikan mingguan terbesar dalam 18 bulan terakhir pasca bank sentral Swiss tiba-tiba memisahkan mata uangnya terhadap euro. Dana Moneter Internasional pangkas outlook pertumbuhan global terbesar pada hari Senin kemarin dalam 3 tahun terakhir.
Logam naik ke level 20 pekan tertingginya pada selasa kemarin di tengah spekulasi bahwa perekonomian asing mengalami stagnan akan mendorong Federal Reserve untuk menunggu lebih lama sebelum menaikkan suku bunga. Presiden ECB Mario Draghi mungkin akan mengumumkan program pelonggaran sebesar 550 miliar euro ($ 638 miliar) pada pekan ini, menurut para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.
Emas berjangka untuk pengiriman bulan Februari naik 1,4 % untuk menetap di level $ 1,294.20 pukul 1:39 siang di Comex New York. Sebelumnya, harga emas menyentuh level $ 1,297.20, yang merupakan level tertingginya untuk kontrak teraktif sejak 28 Agustus. Sementara itu, logam menguat untuk sesi ke 7, merupakan reli terpanjangnya sejak 18 Februari lalu. (knc)
Sumber : Bloomberg