cffc38cee9bff3f9bd13ac160232166cEmas turun untuk pertama kalinya dalam tiga hari setelah meredanya kekhawatiran bahwa krisis perbankan di Portugal akan memacu krisis utang di Eropa yang lebih luas, membatasi permintaan untuk logam mulia sebagai investasi alternatif.

Banco Espirito Santo SA berusaha menenangkan investor setelah induk perusahaan tersebut melewatkan pembayaran wesel jangka pendek. Eksposur pemberi pinjaman asing ke Portugal sangat rendah dan Bank Sentral Eropa siap untuk mendukung bank-bank, menandakan masalah Banco Espirito Santo SA adalah mungkin untuk cascade di wilayah tersebut, Goldman Sachs Group Inc. mengatakan dalam sebuah catatan. Kemarin, emas mencapai tertinggi 16-minggu.

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus turun 0,1 persen untuk menetap di $ 1,337.40 per ons pada pukul 1:38 siang di Comex New York. Perdagangan adalah 26 persen di bawah rata-rata 100-hari hari ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Harga emasa naik 11 persen dalam tahun ini, melampaui kenaikan untuk indeks komoditas, ekuitas dan obligasi. Kepemilikan investor dalam ETP berbasis logam telah mengalami rebound bulan ini setelah merebaknya gejolak di Timur Tengah dan Eropa Timur. Bullion mengakhiri gain mingguan terpanjang sejak tahun 2011.(frk)

Sumber: Bloomberg