Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Emas berjangka memangkas penurunan terbesar dalam tiga pekan terakhir terkait mata uang dolar yang lebih kuat dan melemahnya harga energi sehingga menahan permintaan terhadap logam. Sementara perak turun tajam dalam 17 bulan terakhir.

Acuan minyak mentah brent kemarin mengalami penurunan tertajamnya dalam lebih dari tiga tahun terakhir pasca OPEC tidak merubah target produksi, sehingga memangkas daya tarik emas karena untuk mengantisipasi nilai inflasi. Sementara mata uang dolar naik ke level tertinggi dalam lima tahun terakhir terhadap sekumpulan 10 mata uang utama di tengah spekulasi bahwa harga energi yang lebih rendah akan meningkatkan perekonomian AS, sehingga memangkas permintaan untuk emas sebagai investasi alternatif.

Emas menuju penurunan tahunan kedua secara berturut-turut, merupakan penurunan terpanjang sejak tahun 1998 silam, pasca menguatnya mata uang dolar dan gagal untuk mempercepat inflasi tahun ini. Sementara Societe Generale SA memangkas perkiraan harga untuk bullion pekan ini, pihaknya mengatakan bahwa Federal Reserve akan meningkatkan suku bunga pada pertengahan 2015 karena pertumbuhan ekonomi AS yang mulai membaik.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari turun 1,8 persen ke level $ 1,175.50 per ounce pukul 12:51 siang di Comex New York, merupakan penurunan perdagangan terbesar sejak 5 November lalu. Sementara bursa ditutup kemarin untuk perayaan Thanksgiving. (vck)

Sumber: Bloomberg