Emas Bertahan Setelah Krisis Yunani Meningkatkan Permintaan Haven

Equityworld Futures Medan : Emas mempertahankan gain dalam dua hari setelah investor mencari aset haven akibat kekhawatiran Yunani mungkin keluar dari zona mata uang euro setelah tenggat waktu pembayaran kepada Dana Moneter Internasional melewati hari Selasa.

Bullion untuk pengiriman segera berada di level $ 1,179.47 per ons pada pukul 8:19 pagi di Singapura dari $ 1,179.83 pada hari Senin, ketika harga berakhir 0,4% lebih tinggi setelah memangkas reli sebanyak 1,1%, menurut Bloomberg generic pricing. Bullion bersiap untuk penurunan kuartalan keempat beruntun.

Dalam tahun ini emas telah turun 0,4% karena investor terfokus pada saat suku bunga AS akan mulai naik di tengah kebuntuan atas Yunani. Yunani menutup bank-bank dan kontrol modal yang diberlakukan pekan ini, membatasi aliran uang ke luar negeri, dalam sebuah langkah yang mungkin dapat memperdalam resesi dan risiko menghantarkan negara tersebut keluar dari zona mata uang euro. Hal ini bisa memberikan Federal Reserve alasan untuk menunda kenaikan suku bunga.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menolak proposal terbaru bantuan keuangan kreditur pada hari Jumat, menyerukan referendum terkait hal tersebut pada tanggal 5 Juli mendatang dan mengatakan ia akan menganjurkan ‘menolak’. Program bantuan Yunani berakhir pada hari Selasa, hari yang sama dengan keharusan negara tersebut membayar kembali kepada IMF sebesar $ 1.7 miliar.

Indeks Bloomberg Dollar Spot, yang mengukur greenback terhadap 10 mata uang utama, naik 0,2% pada hari Selasa dan 4,2% lebih tinggi tahun ini. Penguatan dolar cenderung mengekang kenaikan emas.(frk)

Sumber: Bloomberg