PT.-RIFAN-FINANCINDO-BERJANGKA9-300x200Emas berjangka membukukan kenaikan terbesar dalam empat pekan terakhir setelah Ukraina mengatakan bahwa pemberontak menembak jatuh sebuah pesawat Malaysia yang membawa 295 orang di dekat perbatasan dengan Rusia. Palladium memperpanjang reli ke level tertinggi 13-tahun.

Pesawat Boeing 777 terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur ditembak jatuh oleh rudal di dekat kota timur Torez, Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan pada halaman Facebook-nya. Emas naik sebelumnya seiring pihak Amerika Serikat dan Uni Eropa menjatuhkan sanksi pada Rusia.

Emas telah reli 9,5%  tahun ini, mengalahkan komoditas, saham dan obligasi, gejolak di Irak dan perslisihan antara Ukraina dan Rusia yang mendorong permintaan untuk aset safe haven. Logam juga naik karena Federal Reserve mengisyaratkan tingkat suku bunga akan tetap rendah.

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus naik 1,3% untuk menetap di level $ 1,316.90 per ons pada pukul 1:35 di New York, Comex, kenaikan terbesar untuk kontrak teraktif sejak 19 Juni. Volume perdagangan adalah 29% di atas rata-rata 100-hari, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.(yds)

Sumber: Bloomberg