Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Harga emas mencatat lonjakan dikarenakan dolar melemah terhadap mata uang utama ditengah berita ekonomi dan politik, seiring pasar saham berada dalam rentang perdagangan yang ketat.

Emas untuk pengiriman Desember naik $ 13,60, atau 1,2%, untuk menetap di level $ 1,197.10 per ons. Sementara perak untuk Desember naik 12 sen, atau 0,7%, ke level $ 16,17 per ons.

Penurunan dolar terhadap mata uang utama mengakibatkan harga emas bergerak ke level yang lebih tinggi. Dolar mendasari perdagangan kontrak emas. Mata uang AS turun terhadap yen pasca Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pemerintah akan menunda selama18 bulan rencana untuk menaikan pajak penjualan. Dia akan membubarkan majelis parlemen pada hari Jumat November dan menyerukan pemilihan dipercepat yang dilakasanakan pada bulan Desember.

Sementara itu, dolar jatuh terhadap euro setelah Indeks kepercayaan ekonomi Jerman meningkat untuk pertama kalinya dalam hampir setahun terakhir mengalahkan ekspektasi.

Sementara itu juga platinum untuk Januari naik $ 3,30 ke level $ 1,204.60 per ons, sedangkan paladium Desember turun $ 8, atau 1%, berada pada level $ 776,70 per ons.

Tembaga kualitas tinggi untuk pengiriman Desember turun sebanyak 4 sen menjadi $ 3 per pon.(yds)

Sumber: Markewatch